Selasa, 17 Maret 2020

Coba Cek Komponen-Komponen Ini Saat AC Mobil Tiba-Tiba Rusak



AC mobil tidak dingin secara tiba-tiba tentu membuat anda jadi tidak nyaman saat berkendara. Penyebab AC yang tidak dingin lagi bisa jadi karena AC dalam keadaan tidak bisa dinyalakan, mati total, atau tiba-tiba saja  mati tanpa ada pengaruh apapun.
Lalu, sebelum menyerahkan AC  yang rusak ke service AC mobil, komponen apa saja yang bisa dicek terlebih dahulu? Simak berikut ini.

1. Motor Colling Fan
Bisa jadi cooling fan tidak berfungsi seperti biasanya. Alat ini fungsinya adalah sebagai pembuang panas yanh dihasilkan oleh kondensor. Ketika cooling fan tidak bisa bekerja dengan baik maka suhu dalam kabin berubah menjadi dingin bahkan bisa jadi panas. Dampak paling buruk, bisa jadi AC mobil akan mengalami yang namanya overheating.

2. Sekring AC Putus
Saat sekring AC putus maka mesin mobil jadi tidak ada. Hal ini membuat AC tidak memiliki tenaga untuk melakukan putaran. Sekring yang putus biasanya terjadi karena korslet. Jika memang sekring yang putus maka anda bisa langsung mengganti bagian sekringnya saja.

3. Relay AC Putus
AC mobil tidak dingin bisa jadi karena kerusakan yang terjadi pada relay AC. Relay AC yang putus maka tidak bisa melakukan kegiatan sesuai fungsinya yaitu menyuplai arus listrik ke mesin. Jika komponen ini putus maka AC tidak bisa bekerja sama sekali alias mati total.

4. Kompresor AC Macet Total
Komponen kompresor adalah bagian yang cukup penting pada AC mobil. Nah, jika kompresor mati bisa saja karena oli habis atau kurang dirawat seperti filter tidak diganti atau kebocoran freon namun tidak diketahui lebih dini.

5. Magnetic Clutch Putus
Komponen ini berguna untuk menerima arus listrik. Nah saat clutch putus maka AC akan mati total. Kerusakan di bagian ini bisa jadi karena terjadi korslet.

6. Resistor Blower Rusak
Di beberapa tipe mobil, saat resistor blower rusak maka bisa mengakibatkan AC jadi mati total. Sebaiknya cek bagian resistor apakan terjadi kerusakan misalnya korslet ataupun putus.

7. Evaporator Yang Kotor
Penyaring udara ini tidak boleh disepelekan, maka dari itu harus selalu dibersihkan. Evaporator yang kotor membuat kinerja AC mobil jadi lambat. Udara yang dihembuskan ke kabin terhalang oleh debu atau kotoran yang menumpuk.

8. V Belt Putus
Komponen ini adalah penghubung antara kompresor dan putaran mesin. Jika V Belt putus atau terjadi korslet maka AC tidak akan baik-baik saja. Bahkan bagian kabin jadi terasa panas.

9. Freon Hampir Habis
Jika terjadi kebocoran otomatis freon isinya akan mengalami pengurangan. Freon cara kerjanya adalah dengan bersirkulasi, jadi saat terjadi kebocoran maka sebaiknya dicek terlebih dahulu kemudian anda bisa memperbaikinya atau memilih mengganti dengan freon baru agar lebih aman.

10. Kompresor Mati
Saat kompresor mati total maka tidak akan bisa lagi melakukan tugasnya yaitu menghisap uap dari refrigator. Akibatnya, kompresor juga tidak bisa mengalirkan udara dingin ke bagian kabin mobil.

Jika anda telah mengecek beberapa komponen di atas namun AC belum berfungsi dengan baik atau benar-benar telah mati total maka sebaiknya langsung bawa saja ke tukang service AC mobil agar bisa mendapatkan penanganan yang baik dan benar. Alangkah baiknya mempercayakan AC untuk mobil Anda pada yang ahli untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang, apalagi untuk perjalanan jauh.


EmoticonEmoticon